IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIPETIR

Bayu Prasetyo Wirawan,

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai kedisipinan serta hambatan- hambatan siswa kelas IV di SD N 3 Kalipetir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  implementasi  nilai  kedisiplinan  siswa  kelas  IV  dilakukan  melalui kegiatan  di  dalam  kelas  pada  saat  pelajaran.  Di  luar  kelas  siswa  mengimplementasikan  nilai kedisiplinan  dengan  mengikuti  upacara  bendera  dan  membuang  sampah  pada  tempatnya. Implementasi nilai kedisiplinan melalui keteladanan dilakukan guru dengan tidak terlambat masuk ke kelas,  mengikuti  upacara  bendera  dengan  tertib,  dan  membuang  sampah  pada  tempatnya.  Sekolah sebagai  lingkungan  berdisiplin  melakukan  implementasi  nilai  kedisiplinan  dengan  menerapkan peraturan  yang  mengikat  bagi  seluruh  warga  sekolah.  Selain  itu,  siswa  melakukan  kegiatan  seperti bertutur  kata  sopan,  bertindak  sopan  dan  berpakaian  rapi  sebagai  upaya  mengimplementasikan  nilai kedisiplinan  melalui  latihan  berdisiplin.  Hambatan  yang  ditemui  dalam  pengimplementasian  nilai kedisiplinan ini berasal dari keteladanan, masih ada guru yang datang terlalu mepet dengan jam masuk sekolah  dan  mengobrol  ketika  upacara  bendera.  Sekolah  sebagai  lingkungan  berdisiplin  juga  tidak mempunyai papan peraturan yang terpasang di lingkungan sekolah. Siswa dalam melakukan kegiatan membuang sampah, upacara bendera, bertutur kata masih belum sepenuhnya bersungguh-sungguh.

Kata kunci: Implementasi nilai, nilai kedisiplinan, implementasi nilai kedisiplinan 

 

Abstract

The  research  purpose  to  describe  the  implementation  value  of  discpline  and  resistance  in implementing  the  students  of  4th  grade  elemtary  Kalipetir  3  school  discpline  value.  This  kind  of research  is  research  by  approaching  the  qualitive.  The  result  of  this  research  showed  that  the implementation  discpline  value  of  4th  grade  students  did  was  trough  by  the  activity  in  inside  class when  class  lesson.  In  outside  class,  the  students  has  implemented  the  discpline  value  by  doing  flag ceremony orderly and put the garbage in correct place. The implementation displine value trough by exemplary  of  teacher  was  doing  flag  ceremony  orderly  and  put  the  garbage  in  the  correct  place. School  as  discpline  environment is implementing  discpline value  by  apply the  rules  that  binds  to  all school residents. Other that, the students did activity such as  said politely, did politely, and dressed neatly as efforts to implemented discpline value trough discplined practice. The resistance founded in implementing  discpline  value  was  from  exemplary,  there  was  still  teacher  which  came  late  in  class lesson also chatting when flag ceremony occur. Scholl as discpline environment also doesnt his rules board which plastered in school environment. The students in put the garbage activity, flag ceremony, said politely was not totally trully.

Keywords: value implementation, discpline value, implementaton discpline value


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.