ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH NGLATIHAN KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas VI di SD Muhammadiyah Nglatihan Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Kompetensi Pedagogik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian kompetensi pedagogik guru kelas VI SD Muhammadiyah Nglatihan menunjukkan bahwa guru kelas VI dapat memahami teori dan prinsip pembejaran di mana pembelajaran dimulai dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Guru kelas VI terlibat dalam penyusunan dan mampu melaksanakan isi kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran juga disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi siswa. Guru kelas VI dapat mendorong prestasi belajar siswa dengan mengondisikan siswa dan memberikan tugas-tugas untuk memotivasi belajar siswa. Aspek penilaian yang dilakukan oleh guru kelas VI yaitu aspek pengetahuan dan menggunakan tes tertulis.
Kata kunci: Kompetensi, Kompetensi Pedagogik, Guru Kelas
Abstract
This study aims to describe the pedagogic competence of teacher of grades VI at SD Muhammadiyah Nglatihan, Lendah Kulon Progo District. This study used a qualitative descriptive method with the subject of teacher of grades VI. The data technique used observation, interview and documentation techniques. The data validity test was carried out by means of a credibility test in the form of a technical triangulation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research on the teacher pedagogic competence of grades VI at SD Muhammadiyah Nglatihan showed that teacher of grades VI could understand the theory and principles of learning where learning started from the opening, main and closing activities. Teacher of grades VI is involved and able to implement curriculum content. The learning implementation is also adjusted to the learning objectives and student conditions. Teacher of grades VI can encourage student achievement by conditioning students and assigning tasks to motivate students. The cost aspect is carried out by teacher of grades VI with aspects of knowledge and the use of written tests.
Keywords: Competence, Pedagogic Competence, Homeroom Teacher
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.