ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS VI DI SD MUHAMMADIYAH NGLATIHAN KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

ARMAN ZULIADI,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas VI di SD Muhammadiyah Nglatihan  Kecamatan  Lendah  Kabupaten  Kulon  Progo.  Kompetensi  Pedagogik.  Penelitian  ini  menggunakan metode  deskriptif  kualitatif  dengan  subjek  guru  kelas  VI.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  teknik observasi,  wawancara  dan dokumentasi.  Uji  keabsahan  data  dilakukan  dengan  uji  kredibilitas berupa trianggulasi teknik.  Teknik  analisis  data  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data  dan  kesimpulan.  Hasil  penelitian  kompetensi pedagogik guru kelas VI SD Muhammadiyah Nglatihan menunjukkan bahwa guru kelas VI dapat memahami teori dan prinsip pembejaran di mana pembelajaran dimulai dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Guru kelas  VI  terlibat  dalam  penyusunan  dan  mampu  melaksanakan      isi      kurikulum.      Pelaksanaan  pembelajaran juga disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi siswa. Guru kelas VI  dapat mendorong prestasi belajar siswa dengan mengondisikan siswa dan memberikan tugas-tugas untuk memotivasi belajar siswa. Aspek penilaian yang dilakukan oleh guru kelas VI yaitu aspek pengetahuan dan menggunakan tes tertulis.

Kata kunci: Kompetensi, Kompetensi Pedagogik, Guru Kelas

 

Abstract 

This  study  aims  to  describe  the  pedagogic  competence  of  teacher  of  grades  VI  at  SD  Muhammadiyah Nglatihan,  Lendah  Kulon  Progo  District.  This  study  used  a  qualitative  descriptive  method  with  the  subject  of teacher  of  grades  VI.  The  data  technique  used  observation,  interview  and  documentation  techniques.  The  data validity test was carried out by means of a credibility test in the form of a technical triangulation. Data analysis techniques include  data reduction,  data  presentation and  conclusions.  The results  of  the  research  on  the  teacher pedagogic  competence  of  grades  VI  at  SD  Muhammadiyah  Nglatihan  showed  that  teacher  of  grades  VI  could understand  the  theory  and  principles  of  learning  where  learning  started  from  the  opening,  main  and  closing activities. Teacher of grades VI is involved and able to implement curriculum content. The learning implementation is  also  adjusted  to  the  learning  objectives  and  student  conditions.  Teacher  of  grades  VI  can  encourage student achievement by conditioning students and assigning tasks to motivate students. The cost aspect is carried out by teacher of grades VI with aspects of knowledge and the use of written tests. 

Keywords: Competence, Pedagogic Competence, Homeroom Teacher 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.