PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II NANGGULAN, KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo dengan total 114 siswa dengan sampel berjumlah 90 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan skala sikap Likert yang diujicobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan daya beda dihitung menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan nilai R sebesar 0,762. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Nilai sig dalam uji regresi sederhana adalah 0,000 (<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa “Konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD Se-Gugus II Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo”.
Kata kunci : Konsep Diri, Kemandirian Belajar
Abstract
This study aims to determine the effect of self-concept on the learning independence of fourth grade students of the Nanggulan Cluster II, Kulon Progo Regency. This study uses a quantitative approach with ex-post facto methods. The population in this study were fourth grade students of Nanggulan Cluster II Elementary School, Kulon Progo Regency with a total of 114 students and a sample of 90 students who were determined using the Simple Random Sampling technique with the Slovin formula. Data collection techniques with a Likert attitude scale. This attitude scale was tested on 30 students. The instrument validity test uses construct validity, while the difference power is calculated using the product moment correlation formula, and the reliability uses the alpha cronbach formula with an R value of 0.762. Analysis prerequisite test uses normality test and linearity test. The power analysis technique used is simple regression. The sig value in the simple regression test is 0,000 (& LT; 0.05) then Ha is accepted and Ho is rejected. Therefore, the results of testing the hypothesis are proven that "self-concept has significant effect on the learning independence of fourth grade students of the Nanggulan Cluster II Elementary School, Kulon Progo Regency".
Keywords: Self-Concept, Learning Independence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.