PENGEMBANGAN MEDIA PAKLIK (PAPAN KOLOM KALI DENGAN KARTU) UNTUK PERKALIAN DI KELAS III
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan kolom kali dengan kartu (PAKLIK) yang layak digunakan untuk pembelajaran perkalian matematika pada Tema 2 kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development melalui 7 dari 10 langkah penelitian model Borg, Gall, dan Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket respon. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi, media oleh ahli materi dan ahli media, media telah layak digunakan. Setelah melakukan validasi, media PAKLIK diujicobakan pada siswa melalui dua tahap yakni uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama. Hasil yang diperoleh dari kedua uji coba adalah media layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung KBM di kelas III sekolah dasar.
Kata kunci: media pembelajaran, perkalian, pembelajaran tematik, kelas III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran papan kolom kali dengan kartu (PAKLIK) yang layak digunakan untuk pembelajaran perkalian matematika pada Tema 2 kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development melalui 7 dari 10 langkah penelitian model Borg, Gall, and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket respon. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi, media oleh ahli materi dan ahli media, media telah layak digunakan. Setelah melakukan validasi, media PAKLIK diujicobakan pada siswa melalui dua tahap yakni uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama. Hasil yang diperoleh dari kedua uji coba adalah media layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung KBM di kelas III sekolah dasar.
Keyword: learning media, multiplication, thematic learning, third grade
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.