PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR

Baharudin Ahmad,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  keaktifan  belajar  siswa  melalui  model  cooperative learning  tipe  think    pair  share  (TPS)  mata  pelajaran  PKn  kelas  V  SD  Muhammadiyah  Cepitsari.  Jenis penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  kolaboratif.  Penelitian  ini  menggunakan desain penelitian Kemmis Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari yang  berjumalah  26  siswa.  Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  observasi  dan dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kuantitatif  dan  deskriptif  kualitatif. Hasil  penelitian  menunjukkan  peningkatan  keaktifan  belajar  siswa  di  kelas  V  SD  Muhammadiyah Cepitsari  pada  mata  pelajaran  PKn,  hal  ini  terlihat  pada  siklus  I  mencapai  30,7%  dan  setelah  dilakukan perbaikan  pada  siklus  II  meningkat  menjadi  88,5%.  Artinya  ada  peningkatan  sebesar  57,8%.  Tindakan penelitian  ini dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi keriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran PKn, cooperative learning tipe TPS

 

Abstract

The  purpose  of  this  research  is  to  increase  student  learning  activeness  through  cooperative learning  model  think  pair  share  (TPS)  type  in  civic  education  of  fifth  grade  SD  Muhammadiyah Cepitsari. The kind of research was collaborative classroom action reserch. The research used Kemmis and Taggart design. The subject were 26 students.  The techniques of data collection  using observation and  the  techniques  of  data  analysis  using  quantitative  and  qualitative  descriptive.  This  research  show that learning activeness  in   civic education had  increased by using this learning model. This could be seen that in first cycle the learning activeness in 30,7%  and after revision in second cycle in 88,5%. The result illustrated learning avtiveness is increase until 57,8%, the research had reach the standard score and it can been said this research is success.

Keyword: learning activeness, civic education, cooperative learning model TPS   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.