PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA

Diah Cipto Pertiwi,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  (RnD)  yang  bertujuan  untuk  mengembangkan  modul nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas V SD. Analisis kebutuhan diperoleh dari studi pendahuluan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa dalam memahami nilai- nilai  Pancasila  dalam  kehidupan  sehari-hari,  sehingga  guru  membutuhkan  media  untuk  menjelaskan  materi tersebut.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  wawancara,  observasi,  dokumentasi  dan  angket.  Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan siswa (uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional) diperoleh bahwa modul layak digunakan sebagai bahan ajar pada pokok bahasan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas V sekolah dasar.

Kata kunci: pengembangan modul, nilai-nilai Pancasila, sekolah dasar 

 

Abstract

The aims of this research  and development is to producing a learning module product. The product was a  modules  of  Pancasila  values  that  could  be  used  for  the  lessons  for  fifth  grader  elementary  school  students. Analysis of necessity came from the result of preliminary study in the form of observations, documentations and interviews which showed that the students found difficulties to learned Pancasila values in everyday life and the teacher  needed  the  learning  resources  to  explain  the  material  of  Pancasila  values.  The  data  sources  were collected  from  interview,  observations,  test  and  questionnaire.  The  data  analysis  technique  used  quantitative- descriptive statistic. This product can be used as learning resources on the subject of Pancasila values for the fifth grade of elementary school based on the  validation result of the validation from material experts, media experts, and students (initial flield trials, main field trials, and operational field trials).

Keywords: module development, Pancasila values, elementary school 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.