PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Dian Ristanti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Make A Match dan tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Petir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experiment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis berupa uji Paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan tipe Make A Match maupun penggunaan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Nilai signifikansi hasil uji Paired Sample T Test kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 0,000. Hasil uji Independent Sample T Test pada posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,333. Kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan antara penggunaan model kooperatif tipe Make A Match dan STAD.

Kata kunci: Model Kooperatif, STAD, Make A Match, Hasil Belajar Matematika

 

Abstract

This research aims at knowing the effect of using cooperative models Make A Match type and STAD type toward mathematics learning results of 4th grade SD 1 Petir. This is quantitative research with Quasi Experimental type. The technique of data collection research used a test. The validity of this instrument used the correlation product moment. Data analysis technique used statistics descriptive. Analyzed of hypothesis used a paired of samples t-test and independent sample t-test. The results of this research showed that Make A Match and STAD effects mathematics learning result of fourth grade in elementary school of 1 Petir. Paired Sample T Test result for experiment and control groups show significance value 0,000. Independent Sample T Test result for posttests of experiment and control groups show significance value 0,333. It concluded that there was no significantt difference in effect between the used of cooperative modelsf Make A Match and STAD.

Keywords: Cooperative model, STAD, Make A Match, the learning Result of Mathematics.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.