UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan kerjasama postitif siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD N Karanganyar Gedangsari. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Karanganyar Gedangsari, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dengan menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang kemudian data pada penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan kerjasama positif antar siswa. Peningkatan kerjasama positif ini dapat dilihat dari catatan lapangan. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dapat dilihat dari data tes hasil belajar kognitif siswa. Skor rata-rata siswa semula 73,97 (38,71%) kemudian meningkat menjadi 81,72 (70,97%) pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dan kemudian meningkat lagi menjadi 88,81 (87%) pada siklus II.
Kata kunci : hasil belajar kognitif, kerjasama positif, student team achievment division (STAD).
Abstract
This research aims at improving student cognitif learning achievement and positive teamwork in the mathematic learning process at 4th grades of karanganyar elementary school students.This reasearch being held ini Karanganyar Gedangsari Elementary School, Gunungkidul. The subjects were all of 4th grade student which consist of 31 students. The type of the reasearch was classroom action reasearch by Kemmis & Mc Taggart. The data collection techiques were test, field notes and documentation and analysed with descriptive qualitative and descriptive quantitative. The result of this research shows that by the implementation of STAD teaching model on the mathematics learning can improve student learning cognitive achievement and student positive team work. The improvement of student positive teamwork can be seen on the field. The Improvement of the cognitive student learning achievement can be seen on the student cognitive learning result data The average score in the early of cycle is 73,97 (38,71%) and the improved become 81,72 (70,97%) on the first cycle after using student team achievment division (STAD) learning models and then improving again become 88,81 (87%) in the second cycle.
Keyword : Positive teamwork, cognitive student learning result, student team achievment division (STAD)Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.