PERBANDINGAN PERILAKU DISRUPTIF SISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan perilaku disruptif siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasi ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD yang berjumlah 103 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 103 siswa. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: variabel dukungan sosial keluarga termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 44,88-55,46 dengan persentase sebesar 75,73%. Variabel perilaku disruptif termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 85,619-104 dengan persentase sebesar 66,02%. Nilai korelasi sebesar 0,606 berada di antara 0,60 – 0,799 termasuk dalam kategori kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan perilaku disruptif.
Kata kunci: perilaku disruptif, dukungan sosial keluarga
Abstract
This study aims of determining the relationship between family social support and disruptive behavior. This study is an ex-post facto quantitative study. Data analysis techniques was descriptive statistical analysis. The results are showed that: family social support variables included in the medium category with a value between 44,88-55,46. The variable of desruptive behavior is included in the moderate category with a value between 85,619-104. Correlation score of 0,606 were among 0,60-0,799 included in the great category. These results proved that there is a positive and significant relationship between family social support and disruptive behavior.
Keywords: disruptive behavior, family social support
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.