UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN PROSES MENULIS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis karangan narasi melalui pendekatan proses menulis siswa kelas III SD Negeri Bendosari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri Bendosari yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, soal tes menulis, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan menulis karangan narasi adalah 75% dari jumlah siswa yang mencapai nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan proses menulis dengan langkah-langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) membuat draf, c) merevisi, d) menyunting, dan e) publikasi dapat meningkatkan proses dan hasil. Proses pembelajaran menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 60,14% meningkat pada siklus II menjadi 83,98%. Hasil tes menulis karangan narasi sebesar 18,52% dengan nilai rata-rata sebesar 66,09. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 81,78% dengan nilai rata-rata sebesar 78,70.
Kata kunci: menulis karangan narasi, pendekatan proses menulis
Abstract
The aim of this research is to improve the results of writing narrative learning through writing process approach of 3th grade students of Bendosari Elemtary School. This research belongs to Classroom Action Research with Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 27 students of 3th grade class of Bendosari Elemtary School. The data collecting techniques were observation, interview, test, and documentation. The data instruments were interview sheets, writing tests, and observation sheets. The data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive analysis method. The indicator of the process’ success is 75% of all students. The result of this research shows that the employment of writing process approach with steps including: a) pre writing, b) drafting, c) revising, d) editing, and e) publishing can improve the process and the results of writing narrative learning. The process of writing narrative learning in the 1st cycle is 60,14%. It becomes 83,98% in the 2nd cycle. The result of narrative writing test in the 1st cycle is 18,52% with average 66,09. It becomes 81,78% with average 78,70 in the 2nd cycle.
Keywords:writing narrative , writing process approach
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.