PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Nida Hidayatul Fatimah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kepek  melalui model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar IPA siswa, lembar observasi guru (keterlaksanaan pembelajaran) model inkuiri terbimbing dan lembar angket aktivitas belajar IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kepek yang berjumlah 25 siswa. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini adalah rerata aktivitas belajar IPA siswa mendapat skor ≥76. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus 2  yaitu dari 73,41%  menjadi 82,16%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II yaitu 91,6%. Peningkatan pada siklus II tersebut karena adanya tindak lanjut dan perbaikan dari kekurangan di siklus I.

Kata kunci: aktivitas belajar IPA, model inkuiri terbimbing, IPA  

 

Abstract

The research aims at improving science learning activities of student at fifth graders SD N Kepek by applying guided inquiry design. This research was Classroom Action Research (CAR). CAR design used Kemmis and Mc Taggart’s model which consist planning, acting, observing and reflecting. The instruments which were used in this research were observation sheets of students' science learning activities, teachers observation sheet (lesson progress) guided inquiry design and questionnaire   sheets of students’ science learning activities . The data analysis technique is quantitative descriptive. The subjects of this research were student of fifth graders SD N Kepek, which consisted of 25 students. The success criteria for this research  was the average science learning activities of students getting a score of ≥76. The result of the research shows the percentage of science learning activities increased from cycle I  to cycle II,  from 73,41 % to 82,16%. Percentage of implementation of learning used guided inquiry design in cycle I is 75% and in cycle II is 91,6%. Increasing  in cycle II was due to improvements from the lack of cycle I.

Keywords: science learning activities, guided inquiry design, science

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.