PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN PR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD

M. Latief Nur Arifin,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian pada siswa kelas IV SD se-gugus 4 Bangunharjo adalah untuk mengetahui: 1) tingkat intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR), 2) tingkat motivasi belajar, dan 3) pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap motivasi belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan skala. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian pada siswa kelas IV SD se-gugus 4 Bangunharjo menunjukkan bahwa (1) tingkat intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 57.01% ; (2) tingkat motivasi belajar berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 59.91% ; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dengan motivasi belajar, terbukti dengan persamaan regresi Y = 10,229 + 0,697X dengan nilai korelasi sebesar 0,561 dan nilai thitung = 6,941. Pengaruh intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat memprediksi sebesar 31,4% terhadap motivasi belajar, sedangkan 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai r2 sebesar 0,314.

Kata kunci: pekerjaan rumah, motivasi belajar, sekolah dasar.

 

Abstract

The aims of the research on fourth grade students of elementary school in Bangunharjo is to investigate about: 1) the level of giving homework intensity, 2) the level of learning motivation, and 3) the effects of giving homework intensity toward learning motivation. Sample was selected by probability random sampling technique. Data was analyzed by rating scale method. The hypothesis testing used simple linear regression. The results of the research on grade IV students of elementary school in Bangunharjo show 1) the level of giving homework intensity is in medium category of 57.01%, 2) the level of learning motivation is in medium as well of 59.81%, and 3) there is positive and significant effects between giving homework intensity toward learning motivation, which indicated by the result of simple linear regression Y = 10,229 + 0,697X with the correlation value of 0,561 and t observed = 6,942. Intensity of giving homework can predict 31,4% on learning motivation, while 68,6% influenced by other factors, as evidenced from the r2 value of 3,14.

Keywords: giving homework, learning motivation, elementary school. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.