PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mmeningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas IA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model project based learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Peingkatan ditunjukkan dengan meningkatnya persentase tanggungjawab yang memperoleh kategori tinggi dari pra tindakan sebesar 46,15% menjadi 61.54% pada siklus 1 kemudian meningkat menjadi 80,77% pada siklus II. Rerata hasil belajar siswa juga meningkat dari pra tindakan mencapai 69,62 menjadi 76,67 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 83,98 di siklus II.
Kata kunci: tanggung jawab, hasil belajar, project based learning
Abstract
This research aims at improving student responsibility and learning outcomes using project based learning model. The subject were students of grade IA SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. The data analysis techniques were quantitative and qualitative descriptive. The results of the research show that the implementation of the project based learning model can improve student responsibility and learning outcomes. The increased was indicated by the increase in the percentage of responsibilities that get a high category of pre-action of 46.15% increased to 61,54% in the first cycle and then increased to 80,77% in the second cycle. The average student learning outcomes also increased from pre-action to 69.62 to 76.67 in cycle I and then increased to 83,98 in the second cycle.
Keywords: responsibility, leraning outcomes, project based learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.