MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V

Roisah Nuraini,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri Tegalpanggung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tegalpanggung yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tegalpanggung. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan siswa lebih terampil dalam menemukan ide pokok paragraf dan aktif dalam mengikuti pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siklus I sebesar 60,40 dengan 12 siswa tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II, meningkat sebesar 9,6 menjadi 70.00 dengan 18 siswa tuntas KKM.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)


Abstract

This study aims to improve process and learning outcomes of reading comprehension skills through cooperative learning model type cooperative integrated reading and composition (CIRC) in class V students Tegalpanggung Elementary School. This study is a Class Action Research. The research subject is the fifth grade students of Tegalpanggung Elementary School, amounting to 25 students. Data collection technique used observasi, tests, and documentation. The results showed that the application of the cooperative learning model type cooperative integrated reading and composition can improve the learning process and results of reading comprehension skills of the fifth grade students of Tegalpanggung Elementary School. The increase was shown by students being more skilled in finding paragraph main ideas and active in learning comprehension reading skills. Improvement of comprehension reading skills by applying cooperative learning model type CIRC on cycle I 60,40 with 12 students completing Minimum Completion Criteria (KKM). In the cycle II, it increased by 9,6 to 70.00 with 18 students completing KKM.

Keywords: reading comprehension skills,Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.