IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter toleransi di SD N Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD N Percobaan 2 Sleman, objek penelitian yaitu karakter toleransi, dan narasumber penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter toleransi yaitu melalui: 1) kebijakan sekolah yang meliputi visi, misi, tujuan, dan peraturan sekolah; 2) integrasi dalam pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi; 3) pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian, dan keteladanan; dan 4) kegiatan ekstrakurikuler. Kendala yang dihadapi yaitu dari siswa dan kerjasama orang tua.
Kata kunci: pendidikan karakter, karakter toleransi
Abstract
This research aim at describing implementation of tolerance character education in SD N Percobaan 2 Sleman. This research utilized descriptive qualitative approach. The subject was SD N Percobaan 2 Sleman, the object were character of tolerance, and the informants were headmaster, teachers, and students. Data collections had been done through observation, interview, and document analysis. The data analysis techniques used the Miles & Huberman models that included data collection, data condensation, data display, and drawing conclusions. The data validity test applied source-based triangulation and technique-based triangulation.The result of the research show that the efforts done by headmaster and teachers in the implementation of tolerance value are: 1) school policies that included visions, missions, aims, and school regulations; 2) integrations in learning that covered lesson plans, implementation, and evaluation; 3) habit-forming activities which included routine activities, spontaneous activities, conditionings, and exemplarys; and 4) extracurricular. Constraints faced are student and relation with parent.
Keywords: character education, tolerance characterFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.