UPAYA MENINGKATKAN ECOLITERACY DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PLAS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ecoliteracy dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Duwet menggunakan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLAS dapat meningkatkan ecoliteracy dan prestasi belajar IPA. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata mata pelajaran IPA pada pra siklus sebesar 64 menjadi 74 pada siklus I, dan meningkat menjadi 82 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 23%, meningkat menjadi 63% pada siklus I, dan meningkat menjadi 82%. Tingkat pencapaian ecoliteracy siswa pada pra siklus sebesar 35% meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan mencapai 91% pada siklus II.
Kata kunci: prestasi belajar IPA, ecoliteracy. PLAS
Abstract
This research aims at improving the results of students’ ecoliteracy and learning achievement for science of fifth grade students of SDN Duwet using the Approach the Surrounding Natural Environment (PLAS). This type was classroom action research (CAR) using the Kemmis and Mc Taggart model. The subjects were fifth grade students which amounted to 22 students. Data collection techniques used tests and questionnaier. The analysis data technique used descriptive quantitatively and qualitatively. The result of this research shows that using “PLAS” can improve the results of students’ ecoliteracy and science learning achievement. It can be seen from the average value for science of the pre-cycle, first cycle, and second cycle in a row are 64, 74, 82, The result of the research also indicates that percentage of students’ science learning achievement mean score also increase from 23% to 63% in first cycle and 82% in second cycle. The result of the research also indicates that percentage of students’ ecoliteracy mean score also increase from 50% in first cycle and 91% in second cycle.
Key words: ecoliteracy, science learning achievement, ”PLAS”.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.