UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS III

Dian Syahfitri,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 72,5% menjadi 87,5%. Peningkatan partisipasi guru pada siklus I ke siklus II dari 79,7% menjadi 93%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 36% yakni sebanyak 14 siswa (56%) menjadi 23 siswa (92%) yang mencapai nilai KKM (≥70) dengan rata-rata prestasi belajar 13,4 yaitu dari 72,1 menjadi 85,5.

Kata kunci : teams games tournament, prestasi belajar


Abstract

This research aim to improving the mathematics learning achievement of third grade students of Gadingan Elementary School, Wates, Kulon Progo in Academic Year 2018/2019 by using Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model. This research used the Kemmis & Mc Taggart model. The research subjects were third grade students consisting of 13 male students and 13 female students. The data collection techniques were tests, observations, documentation, and interviews. The result show that teams games tournament cooperative learning model can improve student active participation in first cycle to second cycle from 72,5% to 87,5%. The teacher participation in first cycle to second cycle from79.7% to 93%.The students learning achievement in first cycle to second cycle from by 36%, as many as 14 students (56%) to 23 students (92%) who achieved the KKM (≥70) with the average learning achievement of 13,4 from 72,1 to 85,5.

Keywords: teams games tournament, mathematics achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.