PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE KECAMATAN DANUREJAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis dan motivsai berprestasi secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V D se-Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta yang berjumlah 281 dengan sampel berjumlah 165 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala untuk mengumpulkan data pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi, kemudian data prestasi belajar siswa menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 17% 2) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 36,4% dan 3) pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan sumbangan 53,4%.
Kata kunci: pola asuh demokratis, motivasi berprestasi, prestasi belajar
Abstract
This study aims at determining the effect of democratic parenting and motivation to achieved partially or simultaneously on class V student learning achievement. This study uses a quantitative approach with ex-postfacto method. The population in this study were students of class V D in Danurejan District, Yogyakarta City, which amounted to 281 with a sample of 165 students taken randomly using Slovin formula. Data collection techniques used a scale to collect data on democratic parenting and achievement motivation, then student learning achievement data using documentation techniques. The results showed that: 1) democratic parenting had a significant effect on student learning achievement with a contribution of 17% 2) achievement motivation had a significant effect on student learning achievement with contributions of 36.4% and 3) democratic parenting and influential achievement motivation together influential significant to student learning achievement with a contribution of 53.4%.
Keywords: democratic parenting, achievement motivation, learning achievement
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.