UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Sidiq Fauzan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keaktifan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) bagi siswa kelas IV A SD Negeri 2 Padokan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV A SD 2 Padokan pada pembelajaran IPA. Rata-rata persentase keaktifan belajar IPA siswa kelas IV A pada siklus I adalah 67,71%. Kemudian pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar IPA meningkat yaitu sebesar 80,97%.

Kata kunci: keaktifan, Group Investigation, pembelajaran IPA.

 

Abstract

This research aims at describing efforts to increase science learning activeness through the application of the Group Investigation (GI) learning model for students of class IV A SD N 2 Padokan . This research type was classroom action research. The design used Kemmis and Mc Taggart. The subjects were students of class IV A totaling 36 students. Data collection techniques used observations and interviews. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. The results show that the application of the cooperative learning model type Group Investigation (GI) can increase the activeness of students in grade IV A. The average percentage of science learning activeness of class IV A students in the first cycle is 67.71%. Then in the second cycle, the average percentage of learning activity in science increase by 80.97%.

Keywords: activeness, Group Investigation, science learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.