PENERAPAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS

Riska Rahmadani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan mediapembelajaran berbasis ICT dengan aplikasi Lectora Inspire. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri I Karangsari, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan data angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan motivasi belajar. Persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 49,98%, Siklus I sebesar 74,98%, dan siklus II sebesar 92,85%.

Kata kunci : motivasi belajar siswa, lectora inspire

 

Abstract

This research aim at improving the students learning motivation by using ICT based learning media combine to lectora inspire application. This research used the Kemmis and Taggart classroom action research model. The research subject were IVth grade students of SD N I Karangsari in Kulon Progo Regency, with total number of students 28. The technique used to collect data were questionnaire, observations sheets and documentation. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. The research result show that the application of lectora inspire media on social studies improve students motivation of grade IVth. According to questionnaire result data, students on every post cycle show significant motivation improvement. The average of studies value in pretest is 49,98%, in first cycle is 74,98%, and in second cycle is 92,85%.

Keywords: motivation student activity, lectora inspire


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.