UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskribsikan proses peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara dan mendeskribsikan proses dan hasil keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1 tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui catatan lapangan dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya kualitas proses dan 75% dari jumlah siswa mendapat nilai lebih baik dari sebelumnya serta mencapai ≥70. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Siswa lebih fokus dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Skor rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 64,08 pada siklus I meningkat menjadi 74,42 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam keterampilan berbicara 13,89% pada siklus I dan mencapai 83,33% pada siklus II.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe time token
Abstract
This study aims of describing the improvement of speaking skill learning process and describe the process and result of students speaking skills by using time token type of cooperative learning model on 5th grade students in SD Negeri Karangnongko 1. This study was a Classroom Action Research based on Kemmis and Mc Taggart’s model. The subject of this study were 5th grade students of SD Negeri Karangnongko 1 which consisted of 36 students. This study had been done in two cycles. The data were collected by field notes and performance test. The data were analyzed by quantitative describtive and qualitative describtive. The result of this study showed that using time token type of cooperative learning model could improve the quality of students learning process and the students speaking skill in 5th grade students of SD Negeri Karangnongko 1. The process improvement proven by increased students participation and focus during the learning process. The students speaking skill improvement proved by increased mean, 64.08 in the cycle I to 74.42 in the cycle II. The percentage of students who have passed the speaking performance test also increased 13.89% in the cycle I to 83.33% in the cycle II.
Keywords: students speaking skill, time token type of cooperative learning model
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.