UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Hanifah Nurul Hayati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sinduadi 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 68,8 menjadi 75,1 pada siklus I, dan meningkat menjadi 83,95 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 35% meningkat menjadi 55% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media flashcard.

 

Abstract

This research aims at improving the results of students’ early reading skills of first grade students of SDN Sinduadi 2. This type was classroom action research (CAR) using the Kemmis and Mc Taggart model. The subjects were first grade students of elementary school which amounted to 20 students. Data collection techniques used tests and field notes. The analysis data technique used descriptive quantitatively and qualitatively.  The result of this research shows that using flashcard media can improve the results of students’ early reading skills in first grade students. It can be seen from the average value of the pre-cycle, first cycle, and second cycle in a row are 68.8, 75.1, 83.95, The result of the research also indicates that percentage of students who have passed the early reading mean score also increase from 35% to 55% in first cycle and 80% in second cycle.

Key words: early reading skills, flashcard media.

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.