PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Evi Fitri Andriani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPA melalui metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SD N Kebonagung Minggir Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kebonagung.yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket motivasi belajar.. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD N Kebonagung. Hasil observasi pada siklus I sebesar 74,72 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85,05%. Hasil angket pada siklus I 74,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,66%.

Kata kunci: motivasi belajar IPA, metode pembelajaran discovery learning


Abstract

This research aim at improving motivation in learning natural science by discovery learning method for 5th grade students of SD N Kebonagung Minggir Sleman. This type was action research, using a model from Kemmis and Mc. Taggart. The subject were 36 5th grade students. The data collection techniques used observation and questionnaire.The results show that there is an increase in learning motivation of fifth-grade students at SD N Kebonagung.The results of observations in the first cycle amount to 74.72% and in the second cycle increase to 85.05%. The questionnaire results in the first cycle is 74.82% and in the second cycle increase to 85.66%.

Keywords: student’s motivation to study, discovery learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.