HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 SD N KEPUH TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas V SD N Kepuh tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah pendampingan belajar oleh orang tua dan prestasi belajar matematika. Subjek penelitian adalah populasi siswa kelas 5 SDN Kepuh 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala pendampingan belajar siswa dan dokumentasi nilai mid semester siswa. Analisis data menggunakan rumus korelasi produck moment Pearson. Dari hasil analisis data menggunakan korelasi produck moment Pearson diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,06 yaitu lebih dari 0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara pendampingan belajar oleh orangtua dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SD N Kepuh tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: pendampingan belajar, prestasi belajar matematika
Abstract
The purpose of this research is to find out whether there is a positive relationship between parental learning assistance and mathematics learning achievement in fifth grade students SD N Kepuh 2015/2016 academic year.The type of research used in this study is quantitative research. The variables studied were parental learning assistance and mathematics learning achievements. The subject studied was a population of 5th grade students of Kepuh Elementary School 2015/2016 which amount to 24 students. The data collection method used is the scale of student learning assistance and documentation of mid-semester grades of students. The data analysis used was the Pearson product moment correlation formula. The results of data analysis using Pearson product moment correlation showed a significance value of 0.06, which is more than 0.05, it means there’s no positive and significant relationship between parental learning assistance with learning achievement on Mathematics subjects in grade V SD N to school year 2015/2016.
Keywords: learning assistance, mathematics learning achievement
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.