STUDI KASUS: PERILAKU BULLYING SISWA TUNAGRAHITA SEDANG DI SD NEGERI WANAREJA 01

Anisa Prami Dwi Cahyani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku bullying yang dilakukan siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Wanareja 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Wanareja 01 berinisial ATPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku bullying siswa tunagrahita sedang di SD Negeri Wanareja 01 berbentuk bullying secara langsung berupa bullying secara fisik dan verbal. Perilaku ini terbentuk karena faktor internal berupa potensi dalam diri ATPS sebagai akibat dari kondisi tunagrahita yang didukung faktor eksternal. Dampak bullying bagi peserta didik yang lain diantaranya perkelahian, rasa takut terhadap pelaku, rasa sakit secara fisik, serta terganggunya konsentrasi belajar.

Kata Kunci: perilaku bullying, tunagrahita sedang


Abstract

This Research describe about the bullying behavior of moderate mental retardation student at SD Negeri Wanareja 01. This research used qualitative approach with case study type. The Subject of this research was call ATPS. Data collection techniques in this research using observation, interviews, and documentation. Data analysis technique include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validity test used technique and resource triangulation. The results of this research indicate that bullying behavior of moderate mental retardation students in SD Negeri Wanareja 01 shaped the form of direct bullying in the form of physical and verbal bullying. This behavior formed because of internal factors such as the potential of ATPS as an impact of intellectual disability that supported by external factors. The impact of this bullying including fights, fear, physical pain and disruption of the learning concentration.

Keywords: bullying behavior, moderate mental retardation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.