PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Febriyani Febriyani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran coopereative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Piring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Piring yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Pada pra tindakan jumlah siswa dengan klasifikasi kemandirian belajar minimal kategori tinggi sebesar 52,63% dengan pencapaian indikator menetapkan kompetensi belajarnya sendiri paling rendah. Pada siklus 1 meningkat menjadi 63,16% dan terdapat peningkatan pencapaian 11 indikator kemandirian belajar. Pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 84,21% dan disertai dengan peningkatan pencapaian 12 indikator kemandirian belajar.

Kata kunci: kemandirian belajar IPS, cooperative learning, jigsaw


Abstract

This research aims at improving students’ learning independence in social studies through a jigsaw type cooperative learning model in the V class of SD Negeri Piring. This research used classroom action research (CAR). CAR design used along with the Kemmis and Mc Taggart models which consist of planning, action, observation, and reflection. The data collection technique used scale, observations, and documentations. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive. The subjects were the students of V grade in SD Negeri Piring which consist of 19 students. The result of the research show improvement in students’ learning independence after using jigsaw type cooperative learning. In pre-action the number of students with a minimum learning independence classification of a high category of 52,63% with the achievement of indicators set their own learning competencies lowest. In the first cycle increase to 63,16% and there is an increase in the achievement of 11 indicators of learning independence. In the second cycle increase to 84,21% and accompanied by an increase the achievement of 12 indicators of learning independence.

Keywords: learning independence of social studies, cooperative learning, jigsaw


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.