PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA IPA MELALUI GUIDED DISCOVERY

Kurnia Saraswati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu melalui model guided discovery pada muatan IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD N Rejowinangin I. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, skala, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu dapat meningkat melalui model guided discovery. Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 62,96%, meningkat pada siklus II menjadi 81,48%. Hasil skala rasa ingin tahu siswa pada siklus I sebesar 74,38% meningkat pada siklus II menjadi 85,19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa.

Kata kunci: rasa ingin tahu, model guided discovery


Abstract

The research aims at improving students’ curiosity in science learning through guided discovery model.The type of this research was classroom action research. The subjects were 27 students of fourth gradeA in SD Negeri Rejowinangun I. The data collection technique used observasion, scale, interview, and documentation. The data analysis used qualitative and quantitative descriptive technique. The result of this research show that by using guided discovery learning, it can improve students’ curiosity. The result of observation in first cycle is 62,96% , it increase at second cycle become 81,48%. The scale result in first cycle is 74,38%, in increase in second cycle become 85,19%. From the data above, it can be concluded that guided discovery learning model, can improve the students’ curiosity.

Keyword: curiosity, guided discovery model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.