PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Amelia Fahrunisa,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning pada kelas VB SD Negeri Krekah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK terdiri atas perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SD Negeri Krekah yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari lima indikator kemampuan berpikir kritis persentasenya sudah lebih dari 75%. Selain itu, jumlah siswa dengan kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik mengalami peningkatan sebesar 35% dari 35% pada siklus I menjadi 70% siswa pada siklus II. Adapun indikator keberhasilannya adalah tiga dari lima indikator kemampuan berpikir kritis mencapai persentase minimal 75% dan 70% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Model PBL, Pembelajaran IPA


Abstract

This research aims of improving students' critical thinking skills in science through the implementation of Problem Based Learning model in the VB class of SDN Krekah. This research used classroom action research (CAR). CAR design are consist of planning, action, observation, and reflection. The data collection technique used essays tests and observations. The data analysis technique used descriptive quantitative and qualitative data analysis techniques. The subjects are the students of VB grade in SD Negeri Krekah which consist of 20 students.The results indicated that the percentage of three from five critical thinking skills’ indicators are more than 75%. In addition, students with critical thinking skills in good category increase by 35% from 35% in the first cycle to 70% in the second cycle. The indicators of success are three of the five indicators of critical thinking ability reaching a minimum percentage of 75% and 70% of students having critical thinking skills in a good category. In conclusion, PBL model can improve student’s critical thiking skill in science.

Keywords: Critical Thinking, PBL Model, Science learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.