PENGARUH KONTROL DIRI DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui secara parsial pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa; 2) mengetahui secara parsial pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa; dan 3) mengetahui secara simultan pengaruh kontrol diri dan pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 673 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 251 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitas item dihitung menggunakan koefisien korelasi item total terkoreksi dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar sebesar 30,7%; 2) pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar sebesar 1,7%; dan 3) kontrol diri dan pengelolaan kelas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar sebesar 44%.
Kata kunci: kontrol diri, pengelolaan kelas, disiplin belajar.
Abstract
This study aims to 1) know partially the effect of self control on learning discipline; 2) know partially the influence of classroom management on learning discipline; and 3) know simultaneously the effect of self control and classroom management on learning discipline. The population in this study was 4th grade elementary school students which total 673 with sample totalled 251. Data were collected by psychological scale. Validity of item was calculated by the total corrected item correlation coefficient, and reliability used the Cronbach's Alpha formula. Analysis prerequisite test used normality test, linearity test and multicollinearity test. Data analysis technique used the partial effect and multiple regression. The result shows that 1) self control had a significant effect on learning discipline at 30.7%; 2) classroom management had a significant effect on learning discipline at 1.7%; and 3) self control and classroom management simultaneously had a significant effect on learning discipline at 44%.
Keywords: self control, classroom management, learning discipline
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.