MISTAR WAKTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Wahyu Purwaningsih,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III A SD Negeri Kotagede 1 pada muatan pembelajaran Matematika, dengan menggunakan media mistar waktu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek tindakan yaitu siswa-siswi kelas III A SD Negeri Kotagede 1 yang berjumlah 30 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan kemampuan berpikir kritis adalah rerata kelas memperoleh skor ≥75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media mistar waktu pada muatan pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada pelaksanaan kemampuan berpikir kritis, dapat diperoleh yaitu: a) memberikan penjelasan senderhana, b) siswa membangun keterampilan dasar, c) siswa dapat menyimpulkan, d) siswa memberikan penjelasan lanjut, e) siswa mengatur strategi dan taktik. Peningkatan kemampuan berpikir kritits soswa dilihat dari hasil tes yang diberikan dimana pada pra tindakan presentasenya (43%), pada siklus I meningkat secara signifikan menjadi (80%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi (90%).

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Mistar Waktu


Abstract

This research aims of improving student’s critical thinking skills of the third A grade students of SD Negeri Kotagede 1 in studying Mathematics by using the time ruler. This research used to Classroom Action Research (CAR) by Kemmis and Mc Taggart. The type was Classroom Action Research with subject were 30 students of 1 Kotagede Elementary School. The objects is critical thinking skills. The data collection techniques used essay tests, observation, and documentation. The data analysis technique was qualitative descriptive. The results was the used of time ruler in the mathematics learning can improve students' critical thinking skills. The result indicate that time ruler helps students in many areas, such as: a) students is able to give a simple explanation; b) students were able to build basic skills; c) Students is able to make a conclution; d) Students is able to provide further explanations; and e) Students is able to arrange strategies and tactics. The improvement on the students' critical thinking increase from 43% in pre-test, 80% in the first cycle to 90 in the second cycle.

Keywoard: Critical Thinking, TheTime Ruler


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.