KUALITAS SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda Penilaian Akhir Semester I Mata Pelajaran Matematika Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019 di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar sebanyak 747 siswa dan sampel 264 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran, indeks daya pembeda, dan efektivitas pengecoh menggunakan program MicroCat ITEMAN versi 3.00. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) 12 soal (80%) termasuk kategori sedang dan 3 soal (20%) termasuk kategori sukar. (2) 8 soal (53,33%) memiliki indeks daya pembeda sangat baik, 4 soal memiliki indeks daya pembeda (26,67%) cukup baik, 1 soal memiliki indeks daya pembeda (6,67%) sedang, dan 2 soal (13,33%) memiliki indeks daya pembeda buruk. (3) Pengecoh berfungsi pada 13 soal (87%) dan tidak berfungsi pada 2 soal (13%). (4) Soal memiliki validitas yang cukup yaitu sebesar 0,411. (5) Soal memiliki reliabilitas yang cukup yaitu sebesar 0,661.
Kata kunci: kualitas butir soal, mata pelajaran matematika.
Abstract
This research attempts to determine the quality of the Multiple Choice Items of First Semester Final Assessment’s Academic Year 2018/2019 on 5th Grade Elementary School Mathematicssubject. This research type was a desciptive quantitative. The populations were students of grade 5 consist of 747 students and the samples were 264 students which determined by Slovin Formula. The data were collected through documentations. Data analysis technique was carried out quantitatively by using MicroCat ITEMAN program version 3.00. The results show that. (1) 12 items are (80%) medium and 3 items are (20%) difficult. (2) Based on the discrimination index, 8 items are (53,33%) very good, 4 items are (26,67%) good, 1 item is (6,67%) fair, and 2 items are (13,33%) poor. (3) Distraction on 13 items (87%) are good and distraction on 2 items (13%) are poor. (4) The items have a suffiecient validity that’s 0,412. (5) The items have a a suffiecient reliability that’s 0,661.
Keywords: item quality, mathematics subject.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.