PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN KETELADANAN TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI SEGUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2019

Diah Wulandari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dalam memberikan keteladanan terhadap karakter gemar membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 163 siswa lalu diambil sample 116 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran orang tua dalam memberikan keteladanan sebagian besar (49,14%) termasuk kategori tinggi, dan karakter gemar membaca siswa sebagian besar (44,83%) termasuk kategori tinggi, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua dalam memberikan keteladanan  terhadap karakter gemar membaca siswa, yaitu diperoleh sebesar fhitung 9,588 dan  sebesar ftabel 3,92, kemudian nilai sig. menunjukkan 0,002 (0,002<0,5). Sumbangan variabel peran orang tua dalam memberikan keteladanan  terhadap karakter gemar membaca siswa sebesar 7,8%.

Kata Kunci: peran orang tua dalam memberikan keteladanan, karakter gemar membaca


Abstract

This study aims at knowing the influence of the effect of parents’ role in giving exemplary on reading habits. This study used the ex-post facto quantitative approach. The population was all 5th grade students of elementary school government II, Pengasih District,, Kulon Progo Regency with a total of 163 students, then 116 students were taken randomly. The technique for collecting data was by using a psychological scale. The validity test of the instrument used was the content validity with expert judgement technique, whereas to find the power of differences used product moment correlation formula. Reliability of instrument was using Cronbach’s Alpha formula. The analysis prerequisite test that had been used are the normality and linearity test. Data analys that used was simple analysis techniques. The results show that: 1) parents’ role in giving exemplary is mostly (49,14%) categorized as high, and character reading habits of the students (44,83%) categorized as high,  (2) there is positive influence and significant influence of parents’ role in giving exemplary on reading habits of students, which is is it gained f hitung 9,588 and is it gained f tabel 3,92, then the sig value . shows 0.002 (0.002 <0.5). The variable contribution of parents' role in giving exemplary to the character of reading habits students is 7.8%.

Keywords: parents’ role in giving exemplary, reading habits.
Pengaruh


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.