HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL KELUARGA DAN INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial keluarga dan interaksi sosial guru dengan karakter peduli sosial siswa kelas IV di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus 1 Kecamatan Wates sebanyak 268 siswa dengan sampel penelitian 160 siswa yang diambil secara acak menggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala karakter peduli sosial, skala interaksi sosial keluarga, dan skala interaksi sosial guru. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment Pearson, uji korelasi ganda, dan uji korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara interaksi sosial keluarga dan interaksi sosial guru dengan karakter peduli sosial siswa kelas IV di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo dengan sumbangan sebesar 25,2% dan nilai signifikansi 0,000.
Kata kunci: karakter peduli sosial siswa, interaksi sosial keluarga, interaksi sosial guru.
Abstract
The aims of this research is to know the correlation of family and teacher social interaction with students’ social care characteristic. This research used the correlation approach with ex-post facto method. The population were the fourth grade of first cluster in Wates District Kulon Progo Regency Elementary School that consist of 268 students and 160 students were taken randomly, using Slovin formula. For collect the data the reseacher used scale of care social character, family social interaction, teacher social interaction. The analysis prerequisite tests used normality test and linearity test. Data analysis techniques used product moment correlation formula, multiple correlation test, and partial correlation test. The result shows there is a significant correlation of family and teacher social interaction towards students’ social care characteristic by amount 25,2% of contribution value and the significant level at 0,000.
Key words: students’ social care characteristic, family social interaction, teacher social interaction.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.