PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SD N 3 KALIPETIR PENGASIH KULON PROGO

Refa Febriantara,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VI SD N 3 Kalipetir, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 3 Kalipetir yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan soal evaluasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan rerata nilai. Model yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek, dengan langkah-langkah yaitu penentuan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, evaluasi pengalaman, menguji hasil, dan monitoring.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus, rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 63,04 termasuk kategori cukup dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 8,60%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75,6 dan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 69,56%. Siklus I belum memenuhi kriteria penelitian dan dilakukan perbaikan. Guru dan peneliti melakukan refleksi dan menegaskan penjelasan tentang proses pembelajaran berbasis proyek kepada siswa. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 93,39 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru mempertegas langkah dalam membuat proyek dan adanya pembagian tugas dalam kelompok.

Kata kunci: hasil belajar IPA, Pembelajaran Berbasis Proyek


Abstract

This reseach aims to improve science learning trough based learning model on 6th grade in Kalipetir3 elemntary school, Pengasih, Kulon Progo Regency at 2018/2019 academic year. The research was Classroom Action Research with Kemmis and Mc Taggart Model subject were the 6th grade of 23 students at SD N 3 Kalipetir Pengasih. The instruments used in this research are teacherobsercation form, and evaluation. The type of data analysis teckhnique is descriptive qualitative and quantitative with percentage and average. The model used is project-based learning, with steps that are determining fundamental questions, arranging project planning, arranging schedules, evaluating experiences, testing results, and monitoring. The results of this research show that science learning result have experience improvement. In prior cycle, the average of learning students is 63,04 in sufficient category and percentage of student mastery learning 8,60%. In 1st cycle the average leaerning students is 75,6 and percentage the students learning completeness increased by 69,56%. In 1st cycle has not met the research criteria and has been corrected. Theteacher and researcher reflect and confirm the explanation of the project-based learning process to student. In 2nd cycle the average learning students is 93,39 or in excellent category and percentage the students 440 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-8 2019 mastery become 100% and had fulfilled successful criteria of the research. The increase is because the teacher reinforces the steps in making the project and also the taks division in groups.

Keyword: learning science, project-based learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.