PENGARUH TANGGUNG JAWAB TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SD SE GUGUS I KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Yoga Bayu Saputra,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tanggung jawab terhadap rasa percaya diri siswa. Rasa percaya diri merupakan sikap yakin seseorang individu akan kemampuannya sendiri untuk melakukan suatu tindakan dengan penuh tanggung jawab dalam mencapai tujuan hidupnya. Kurangnya rasa percaya diri membuat seseorang mengalami konflik maupun hambatan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-gugus 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 136 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 101 siswa yang diambil secara acak menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 17 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validitas konstrak dan validitas eksternal. Uji reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas dari tanggung jawab adalah 0,706, sedangkan rasa percaya diri 0,854. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besar nilai koefisien determinasi antara pengaruh tanggung jawab terhadap rasa percaya diri siswa adalah 0,003. Kesimpulannya tanggung jawab berpengaruh terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV SD se-gugus 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo sebesar 0,3%

Kata kunci : percaya diri, tanggung jawab.

 

Abstract

This study was aims to determine how much influence the responsibility for students' confidence. Self- confidence was a sure attitude of an individual about his or her own ability to carry out an action with full responsibility in achieving his life goals. Lack of confidence made a person experience conflict and obstacled in achieving a goal. This study was used a quantitative approach with an ex post facto method. The population in this study were fourth grade students of SD 1 in the Panjatan cluster in Kulon Progo Regency, totaling 136 students with a sample of 101 students taken randomly using the Slovin formula. Data collection techniques used a psychological scale. The instrument of this study was tested on 17 students. The validity test of the instrument was done through construct validity and external validity. Test reliability of the instrument was using the Cronbach Alpha formula. The reliability test results of responsibility are 0.706, while self-confidence is 0.854. The prerequisite test for the analysis carried out was the normality test and linearity test. The data analysis technique used Simple RegressionThe results of the study showed that the value of the coefficient of determination between the influence of responsibility for students' self-confidence is 0.003. In conclusion the responsibility influenced the confidence of fourth grade students in Elementary school one in the Panjatan cluster in Kulon Progo Regency by 0.3%

Keywords: Self confidence, responsibility.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.