PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PETA BUDAYA UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan miniatur peta budaya yang dapat digunakan pada pembelajaran. Analisis kebutuhan diperoleh dari observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa sekolah dasar tentang keberagaman budaya fisik Indonesia khususnya di pulau Jawa masih kurang. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, media layak digunakan. Setelah melakukan uji validasi, media miniatur peta budaya diujicobakan pada siswa melalui tiga tahap, yaitu ujicoba lapangan awal, utama, dan operasional. Hasil yang diperoleh dari ketiga uji coba adalah media dapat dikatakan layak dan memiliki kualitas tinggi untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung KBM di kelas IV sekolah dasar.
Kata kunci: miniatur peta budaya, budaya, pembelajaran tematik, kelas IV
Abstract
This research aims at producing a miniature cultural map that can be used for a lesson. Analysis of necessity came from the result of observations and interviews that pointed out the lack of cultural-understanding in the elementary school. This research was Research and Development (Rnd) type, form the theory of Borg and Gall. The data sources was collected from interview, observations, and questionnaire. The data analysis technique used quantitative-descriptive statistic. This media could be used in the lesson based on the validation result of material and media experts. Miniature cultural map could be used for students after validation test that there were three steps of fields testing (preliminary, main, and operational testing field). From those field test, this media is suitable to be used for support the lesson of fourth grades student.
Keywords: miniature cultural map, culture, thematic learning, fourth grade
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.