HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SD

Tissa Alifiyarti,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kemandirian belajar. Kemandirian belajar merupakan sikap dan perilaku siswa dalam mengatur sendiri kegiatan belajar dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki dan meminimalkan ketergantungan terhadap orang lain dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD se-Gugus I Kecamatan Wates sejumlah 228 siswa dengan sampel penelitian 145 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan kemandirian belajar siswa kelas III SD se- Gugus I Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,771 dan taraf signifikansi 0,000 (0,000 ≤ 0,05).

Kata Kunci: kecerdasan emosi, kemandirian belajar


Abstract

This study aims at determining the relationship between emotional intelligence and self regulated learning. Self regulated learning is the attitude and behavior of students in managing their learning activities by empowering their abilities and minimizing the dependence on others to achieve learning goals. This study used the ex-post facto quantitative approach with correlation research type. The population in this research was 3rd grade students of elementary school in Cluster I Wates District with a total of 228 students and 145 students were taken as the sample using Slovin Formula. The technique for collecting data used psychological scale. The analysis prerequisite test that had been used are the normality and linearity test. The hypothesis test used Pearson Product Moment Correlation formula. The result of the study shows positive and significant relationship between emotional intelligence and self regulated learning of 3rd grade students of elementary school in Cluster I Wates District, Kulon Progo Regency by the result of the Pearson Product Moment Correlation such as 0.771 and the significant level at 0.000 (0.000 ≤ 0.05).

Keywords: emotional intelligence, self regulated learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.