PENGARUH EFIKASI DIRI DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Emilia Rosita Linggasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus I Seyegan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 110 siswa yang diambil melalui teknik proportional random sampling dari populasi sebanyak 152 siswa Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunkan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 44,80%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa dengan sumbangan efektif sebesar 19,3%, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan pola asuh authoritative terhadap kemandirian belajar siswa secara bersama-sama dengan sumbangan efektif sebesar 64,1%.

 

Kata kunci: efikasi diri, pola asuh authoritative, kemandirian belajar


Abstract

This study aims at identifying the effects of self-efficacy and authoritative parenting to learning independence of 5th grade primary school students cluster 1 of Seyegan sub-district in Sleman district. The type of this research was ex-post facto which used quantitative approach. The samples of this research were 110 students who were taken into account from the populations of 152 students. The prerequisite analysis of the data was tested by using normality, linearity, and multicolinearity test. Simple regression analysis and multiple regression analysis were used to test the hypothesis. The result show that: (1) self-efficacy significantly and positively influenced fifth grade students’ learning independence indicated by 44,80% of effective contribution value, (2) authoritative parenting significantly and positively influenced fifth grade students’ learning independence indicated by 19,3% of effective contribution value, (3) self-efficacy and authoritative parenting significantly and positively influenced fifth grade students’ learning independence indicated by 64,1% of effective contribution value..

Keywords: self-efficacy, authoritative parenting, learning independence

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.