UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi keliling, luas persegi dan persegi panjang menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas III SD Negeri Kebonagung. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada materi keliling, luas persegi dan persegi panjang. Sebelum adanya tindakan, persentase ketuntasan hanya 15,63%. Pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 56,25%. Pada siklus II, persentase ketuntasan mencapai 84,37%.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Media Permainan Ular Tangga
Abstract
This study aims at improving student learning achievement in perimeter material, square and rectangular area using ladder and snake game media in third grade students of Kebonagung State Elementary School. This was Classroom Action Research. This research’s desain used Kemmis and Mc Taggart consist of planning, action & observation, and reflection. The data collection techniques used test, observation, and documentation. The data was analyzed in qualitative descriptive and quantitative descriptive ways. The results show that there is an increase in students' learning achievement in the perimeter material, square and rectangular area. Before the action, only 15.63% completeness. In the first cycle, with a percentage of completeness reaching 56.25%. In the second cycle, the percentage of completeness reaches 84.37%.
Keywords: Learning achievement, Ladder Snake Game Media
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.