PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISWA LAMBAN BELAJAR KELAS II SD N JLABAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran siswa lamban belajar (slow learner) kelas II SD N Jlaban, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud meliputi kegiatan perencanaan, proses pembelajaran, serta evaluasi/tindak lanjut dalam pembelajaran siswa lamban belajar.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskripstif. Subjek penelitiannya adalah guru kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II melaksanakan pembelajaran yang sama untuk siswa reguler dan siswa lamban belajar. Guru melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab tentang keadaan sekitar siswa. Guru melakukan motivasi dengan cara mengajak siswa bernyanyi atau melakukan berbagai macam tepuk. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah ceramah dan tanya jawab. Salah satu perlakukan khusus untuk siswa lamban belajar adalah diadakannya tambahan waktu menyelesaikan tugas setelah pulang sekolah.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa Lamban Belajar
Abstract
This research aimed to identification implementation of the slow learner learning of grade II SD N Jlaban. That implementation of slow learner learning included planning, implementation, and evaluation/follow up in slow learner learning strategy. This research used qualitative approach with descriptive type. The research subject was the teacher of grade II. The data collecting included observation, interview, and documentation. The data analysis included data reduction, display data, and verification. The data validation used technique and source triangulation. The research result showed that the teacher of grade II did the same learning implementation for slow learner students and the regular students. The teacher did the apperception with asking question about the circumtances arround the students.the teacher did the motivation with singing a song or another calpping. The learning methode that be used the teacher were expository and aking a question. The special treatment for slow learner students was held an extra time for finishing the task after school.
Key Words: Learning Implementation, Slow LearnerFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.