PENGARUH KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas IV SD Se-Kecamatan Pandak. Sampel penelitian ini berjumlah 213 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana yaitu t hitung sebesar 3,005 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% didapat ttabel sebesar 1,960. T hitung sebesar 3,005 > t tabel sebesar 1,960. Sumbangan variabel keterampilan guru mengadakan variasi terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 4,1%.
Kata kunci: keterampilan mengadakan variasi, prestasi belajar siswa
Abstract
The research aims to know about effect of variation skill to student’s achievement of 4th grade of elementary school. This study uses a quantitative approach carried out in 4th grade students of elementary school in subdistrict Pandak. The sample in this research were 213 students. The technique of sampling using Proportional Random Sampling. The technique of collecting data using phsychology scale and documentation. Test the validity of the instrument using Product Moment and test the reliability using Cronbach Alpha. Test the hypothesis using simple linear regression test. The results showed there was positive and significant effect of variation skill to student’s achievement of 4th grade of elementary school. This was evidenced by the results of simple linear regression test that tcount of 3,005 and ttable at a significance level of 5% obtained ttable of 1,960. tcount of 3,005> ttable of 1.960. Donations variable variation skill on student’s achievement was 4.1%.
Keyword: Variation Skill, Student’s AchievementFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.