PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEER ACCEPTANCE SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Istikomariah Istikomariah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap peer acceptance siswa kelas V SD se-Gugus 3 Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 250 siswa. Sampel terdiri dari 146 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan media sosial terhadap peer acceptance dengan signifikansi 0.000 (<  0.05). Koefisien  determinasi (R2)  sebesar  0,323 yang berarti bahwa  media  sosial memberikan kontribusi 32,3% peer acceptance dan selebihnya 67,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,569 pada rentang 0,40-0,599 yang berarti korelasi variabel X dan Y tergolong sedang. Selanjutnya ditemukan bahwa intensitas penggunaan media sosial siswa kelas V termasuk dalam kategori tinggi sebesar 37,67%, sedangkan peer acceptance siswa yang berada dalam kategori tinggi sebesar 60,96%.

Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, peer acceptance

Abstract

This study aimed to determine the effect intensity of the use of social media to peer acceptance fifth grade elementary school students throughout the District Gondokusuman Cluster 3, Yogyakarta. This research is a quantitative research. Population in this study were all students of class V totaling 250 students. The sample consisted of 146 students with a sampling technique that cluster sampling. Data collection techniques in this study using a Likert scale. Data were analyzed by simple regression analysis. The results show that there was a positive and significant impact given to the peer acceptance of social media with a significance of 0.000 (<0.05). The coefficient of determination (R2) of 0.323, which means that social media contributed 32.3% of peer acceptance and the remaining 67.7% influenced by other factors not examined in this study. The magnitude of the correlation coefficient (r-count) of 0.569 in the range of 0.40 to 0.599, which means the correlation variables X and Y moderate. Furthermore, it was found that social media intensity usage on students included in the high category amounted to 37.67%, while the peer acceptance of students who are in the high category of 60.96%

Keywords: social media intensity usage, peer acceptance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.