PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V menggunakan permainan ular tangga di SD Negeri Jlaban tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata minat belajar siswa kelas V minimal mencapai persentase sebesar 61%-80% yang termasuk pada kategori tinggi dalam semua aspek. Kegiatan pembelajaran menggunakan permainan ular tangga, dengan langkah-langkah persiapan, pembentukan kelompok, mulai permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Jlaban meningkat dengan menggunakan permainan ular tangga. Peningkatan minat belajar dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 21% dari siklus I mencapai 64,1% di siklus II menjadi 85,1%. Sedangkan hasil angket menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,8% dari siklus I mencapai 70,7% di siklus II menjadi 71,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan ular tangga pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN Jlaban.
Kata kunci : minat belajar, permainan ular tangga
Abstract
This research aims to improve learning interest among 5th grade students using snakes and ladder games in SDN jlaban for 2017/2018 school year.This research was ClassroomAction Research, with 27 students in grade 5th as the subject. This research used Kemmis and Mc Taggart model that goes on two cycles. Data collection technique used observation and questionnaire. Data analysis technique used qualitative description and quantitative description. The success of this research was students' learning interest improved attained 61%-80% inminimum in average which categorized as high, for all aspecs. Learning activity usedsnakes and ladder games has the steps preparation, grouping, and gaming. This research showed that learning interest among 5th grade students in SDN Jlaban improvedthrough snakes and ladder games. The improvisation of learning interest can be seen through observation result and questionnaire. Observation result showed that there was improvisation 21% between cycle I with 64,1% and cycle II with 85,1%. Questionnaire result showed that there was improvisation 0,8% from 70.7% in cycle I and 71,5% in cycle II. Thiscan be concluded that application of snakes and ladder games in learning activity can improve learning interest among grade 5th student in SDN Jlaban.
Key word: learning interest, snakes and ladder games
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.