UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI 01 SEKARSULI

Herida Exsa Oki Pamungkas,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan metode eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas mencapai 75, minimal 70% siswa tuntas dan 70% siswa aktif dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran eksperimen yaitu nilai rata-rata siswa 73, 64,40% tingkat keaktifan siswa dan 62,50% prosentase ketuntasan pada siklus I. Lalu pada siklus II rata-rata kelas menjadi 77,50, tingkat keaktifan siswa menjadi 79,10% dan prosentase ketuntasan menjadi 68,75%.

Kata kunci: Hasil belajar IPA, Metode pembelajaran eksperimen

 

Abstract

This study aims at improving 3rd grade students’ achievement in science using experiment method in Sekarsuli elementary school. This is classroom action research adapted from Kemmis and Mc Taggart model with 16 students as the subject. This study was conducted in two cycles. The indicators of the study is the students score 75, at least 70% total students reached this score and 70% students were active in the learning processes. The result indicated that the application of experiment could improve students’ achievement. for example in cycle I, the students’ average score was 73, 64% of the students were active in the learning activities and 62,50% students reached  the minmum score. Then in cycle II, the average students score was 77,50, 79,50% of the students were active in the learning activities and 68,75% students reached the minimum score. 

Keywords: Improving Students’ achievment, experiment method.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.