PEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 3 KLATEN

Dewi Indarwati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan minat baca siswa di SD Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan, guru, beberapa siswa kelas IV sampai VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analaisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan minat baca siswa di SD Negeri 3 Klaten oleh 1) Kepala Sekolah yaitu menetapkan program pembinaan minat baca berupa jam perpustakaan, mengupayakan sarana dan prasarana termasuk menyediakan anggaran pengadaan buku-buku koleksi perpustakaan, 2) Petugas perpustakaan memberikan pelayanan yang baik, mengondisikan perpustakaan yang nyaman dan menarik, 3) Guru menumbuhkan minat membaca siswa dengan memberi motivasi, membiasakan siswa membaca di dalam kelas, memberikan tugas membuat kliping, mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, dan mengadakan bimbingan membaca kepada siswa.

Kata kunci: pembinaan minat baca, siswa, perpustakaan

 

Abstract

The purpose of this research is to describe the student’s reading interest founding at SD Negeri 3 Klaten. This research was a qualitative descriptive research. The subjects of this research were principal, librarian, teachers, and students of the 4th until 6th grade. Observation, interview, and documentation were used as instrument to collect the data. The data were analyzed by using interactive model of Miles and Huberman. Validity of the data tested using sourcers and techniques triangulation. The results of this research shows that 1) the Principal makes a program Jam Perpustakaan (library time), providing the facilities include the budgeting for addition books in the library; 2) the librarian gives a good service, makes the library comfortable and interesting, 3) The teachers give some tasks to the students by using library as a source of learning, give motivations, and give reading guidance to the students.

Keywords: reading interest founding, students, library


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.