PERBEDAAN KINERJA GURU YANG MENGAJAR ENAM HARI KERJA DAN LIMA HARI KERJA

Erwin Rohmi Juliyanti,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kinerja guru yang mengajar enam hari dengan lima hari kerja di SD se-Kecamatan Ngampilan. Perbedaan kinerja guru dapat dilihat dari kualitas kerja, kecepatan atau ketepatan kerja, inisiatif dalam kerja, kemampuan kerja dan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan subjek yang berjumlah 68 guru kelas. Data dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan penyajian tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kinerja guru yang mengajar enam hari kerja adalah 168,9 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata skor kinerja guru yang mengajar lima hari kerja adalah 186,4 yang berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru yang mengajar enam hari kerja dengan lima hari kerja di SD se-Kecamatan Ngampilan. Dengan demikian, pelaksanaan peraturan lima hari kerja dapat memberikan perbedaan kinerja bagi guru.

Kata kunci: Kinerja guru, hari kerja

 

Abstract

This purpose of this research is to determine the differences in teacher performance that teaches in six working days with five working days in elementary school. Teacher performance differences can be seen from the quality of work, speed or accuracy of work, initiatives in work, workability, and communication. This research used an ex-post facto method with 68 teachers as subject. Data collection used the questionnaire technique. Data analyzed technique used descriptive statistics with the presentation of tables and diagrams. The results show that the average performance score of teachers who teach six working days is 168.9 in the medium category, while teachers who teach five working days is 186,4 in the high category. There is a difference in teacher performance that teaches six working days with five working days at Elementary School. Thus, the implementation of five working days can provide a difference in performance for teachers.

Keywords: teacher performance, work day


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.