UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN MACROMEDIA FLASH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bermuatan IPS di SD Negeri 2 Kretek Bantul kelas IV dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan aplikasi macromedia flash. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus memuat empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, skala, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bermuatan IPS. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase motivasi belajar siswa kelas IV meningkat pada setiap siklusnya. Siklus I persentase motivasi belajar siswa adalah 72,5% meningkat menjadi 80,49% pada siklus II.
Kata kunci: motivasi belajar siswa, media berbasis komputer, macromedia flash.
Abstract
This study aims to improve the fourth grade student’s social science learning using computer-based media with macromedia flash application in 2 Kretek Elementary School.This study was collaborative classroom action research. The subject of the research were teacher and fourth grade that consist of fourty one students. This research was conducted by using Kemmis and MC Taggart models. This research consisted of two cycles, each cycle includes the phases: (1) planing, (2) action implementation, (3) observation, and (4) reflection. The data collection techniques were observation, questionnaire and interview. The research instrument were observation sheet of teacher and student, and learning motivation scale. Technical analyses of data used descriptive qualitative and descriptive quantitative method.The result of the research shows that the use of computer-based media with macromedia flash application can improve student’s motivation. The increase of student’s motivation can be seen from the average percentage of students’ learning motivation in each cycle. The average cycle percentage of student learning was increased from 72,5% in the first cycle and becaming 80,49% in the second cycle.
Keywords: student learning motivation, computer-based media, macromedia flash
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.