MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS

Yenni Kurnia Sari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IVB SD Negeri Tegalpanggung melalui metode role playing pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data adalah observasi, skala, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi guru dan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran IPS yang menekankan keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada siklus I sebesar 30,8%. Namun, peningkatan yang terjadi belum signifikan. Setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus II dengan pembagian kelompok diserahkan kepada siswa, penjelasan tahap bermain peran pada setiap kelompok, siswa berlatih bersama anggota kelompok yang memiliki kesamaan peran, pemberian kesempatan menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan, serta pemberian penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa menjadi 73,1%.

Kata kunci: kepercayaan diri, role playing, pembelajaran IPS

 

Abstract

This research goal is to increase self-confidence of the students in class IVB of SD Negeri Tegalpanggung through the role playing method applied on social studies learning. The research was a classroom action research using the Kemmis-McTaggart model. The subjects of the research were the students of class IVB. Data-gathering methods used observation, scale, and interview. The instruments for gathering data were the teacher’s observation guidelines and the scale measuring self-confidence. Data analysis techniques used descriptive quantitative and qualitative. Results of the research show that the application of role playing methods in social studies learning that directly involved the students in the learning process can increase the students’ self-confidence in the first cycle to 30.8%. However, it is not too significant. After repairs to the action of the second cycle with the students divided into groups, explanation of the role playing process for each groups, students training with fellow group members of the same role,  opportunities to give an opinion and ask questions, and giving a reward can increase self-confidence to 73,1%.

Keywords: Self-confidence, role playing, social studies learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.