PENGARUH CIRC DAN PALS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan rerata kemampuan membaca pemahaman antara kelas yang diajar dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dan kelas yang diajar dengan Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) pada siswa kelas III SD Negeri Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimental, jenis penelitian eksperimen yang sebenarnya dengan variabel terikat kemampuan membaca pemahaman dan variabel bebas adalah model pembelajaran CIRC dan PALS. Desain penelitiannya adalah pretes-postes menggunakan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SD Negeri Gedongtengen yang berjumlah 55 siswa. Jumlah sampel 17 subjek per grup yang diambil secara acak menggunakan rumus Federer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman secara signifikan antara kelas yang diajar dengan CIRC dan kelas yang diajar dengan PALS. Kelas yang diajar menggunakan model CIRC memiliki rerata lebih tinggi dengan perbedaan rerata sebesar 8,529. Perolehan nilai uji-t sampel bebas sebesar 2,210 dengan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,034.
Kata kunci: model pembelajaran CIRC, model pembelajaran PALS, kemampuan membaca pemahaman
Abstract
This research aims at determining significant of mean difference to the ability of student’s reading comprehension between Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) model and Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) towards the third grade students of SDN Gedongtengen, Yogyakarta. The research used quantitative research as experimental, belongs to True-Experiment approach which ability of students’ reading comprehension as dependent variable along with CIRC and PALS models as independent variable. This research used Pretest-posttest Control Group design. The population were all third grade students with the total of 55, and 17 students of each group were taken randomly as the sample using Federer formula. This research used multiple-choice test as instrument. The inference analysis used independent sample t-test with prerequisite test normality and homogeneity. The result shows that there is a significant of mean difference to the ability of students’ reading comprehension between CIRC and PALS models. CIRC model is better than PALS model. The result of independent sample t-test is 2.210 with sig. value < 0.05 which is 0.034.
Keyword: CIRC model, PALS model, Reading Comprehension
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.